obviously.
saya sering mendengar 500 undangan adalah wajar untuk ukuran kalangan menengah di jakarta.
buset!
harus diingat, 500 undangan berarti tamunya 1000, berarti makanannya harus buat 1000 orang dan gedungnya harus muat 1000 orang. but yeah, membayangkan saudara-saudara, kerabat-kerabat, dan teman-teman orang tua saya, i can totally see how it came to 500 undangan.
but!
karena saya kere, akhirnya dengan tegas saya menyatakan: 300 undangan. tak lebih. masing-masing ortu dapet jatah 100, dan sisanya untuk teman-teman kami berdua. kalau ada yang mau undang lebih dari itu, silakan membayari catering dan lain-lain sebagai tambahannya.
nggak bisa enggak, caranya harus kayak gitu. kalau enggak, bisa bengkak jumlah undangan. dan saya mau strict mengenai ini. tidak ada undangan melalui facebook. semua undangan harus dialamatkan secara personal, baik printed maupun elektronik. kalau elektronik, melalui e-mail.
nah sekarang kalau itu sudah diputuskan, next to do list adalah
– mencari gedung dengan kapasitas yang sesuai dengan lokasi yang oke (ini bisa dibahas panjang lagi nanti)
– draw up budget sesuai dengan jumlah itu dan mulai menabung or berhutang! pait dah ah…..